RENCANA KERJA ( RENJA ) 2012

 

BAB I
PENDAHULUAN
 
1.1.        Latar Belakang
Dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah maka pemerintah daerah diberikan wewenang seluas-luasnya untuk mengatur daerahnya sendiri serta mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya.
Dengan berlakunya Undang-Undang ini maka terjadi perubahan pola perencanaan pembangunan daerah, dari sistem top-down (dari atas ke bawah) sekarang bottom-up (dari bawah ke atas). Artinya, di era otonomi daerah ini maka kepentingan masyarakatlah yang menjadi prioritas utama. Untuk itu diperlukan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, partisipatif, transparan dan akuntabel.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, menyatakan bahwa sistem perencanaan pembangunan adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara Negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah. Di dalamnya juga mengatur tentang peranan dan tanggungjawab Kepala SKPD untuk menyusun Renja SKPD. Juga keterkaitan erat antara penyusunan RKPD dan Renja SKPD.
Rencana Kerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang Tahun 2012 merupakan pelaksanaan tahun kedua Rencana Strategis (Renstra) Bagian Organisasi Tahun 2011-2015. Sedangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) Bagian Organisasi Tahun 2011-2015 merupakan penjabaran dari Visi Misi Bupati terpilih pada Tahun 2010.
Selajutnya dari Rencana Strategis (Renstra) Bagian Organisasi Tahun 2011-2015 setiap tahun di susun Rencana Kerja yang selanjutnya di sebut Renja, Renja mempunyai fungsi penting dalam suatu sistem perencanaan daerah, karena Renja menerjemahkan perencanaan strategis jangka menengah (Renstra).
 
1.2.        Landasan Hukum
1.    Undang-Undang No. 17/2003 tentang Keuangan Negara.
2.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
3.    Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
4.    Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan keuangan antara pusat dan daerah
5.    Peraturan Pemerintah No. 58/2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.
6.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah
7.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Tatacara Musrenbang
8.    SEB Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Dalam Negeri 0008/M.PPN/01/2007/050/264A/SJ tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2007.
9.    Peraturan Bupati Malang No. 25 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Badan Perencanaan Pembangunan
10.Peraturan Bupati Malang No.43 Tahun 2008 Tentang Koordinasi Lintas Organisasi Perangkat Daerah
 
1.3.        Maksud dan Tujuan
Maksud penyusunan Rencana Kerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang untuk satu tahun anggaran yang mempunyai maksud :
1.    Menjadi pedoman dalam melaksanakan program/kegiatan selama 1 tahun dan sebagai penjabaran dari Renstra Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang .
2.    Menjadi pedoman dalam penyusunan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) Bagian Organisasi.
Sedangkan tujuan dari penyusunan Rencana Kerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang adalah:
1.    Menciptakan kepastian dan sinergitas perencanaan program kegiatan,  perumusan kebijakan teknis; penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan publik, pengawasan, pengendalian serta evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang pemerintahan dan pelayanan publik serta penguatan lembagaBagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang.
2.    Mengarahkan program dan kegiatan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah selama 1 tahun dengan mengacu pada Renstra serta memberikan masukan bagi perencanaan ditingkat yang lebih tinggi.
 
 
 
1.4.        Sistematika Penyusunan
BAB I PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang
1.2.      Landasan Hukum
1.3.      Maksud dan Tujuan
1.4.      Sistematika Penyusunan
 
BAB II EVALUASI PELAKSANAAN RENJA BAGIAN ORGANISASI TAHUN LALU (2008-2010)
2.1.        Evaluasi Pelaksanaan Renja Bagian Organisasi Tahun Lalu dan Capaian Renstra Bagian Organisasi
2.2.        Analisa Kinerja Pelayanan Bagian Organisasi
2.3.        Isu-isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Bagian Organisasi
2.4.        Review Terhadap Rancangan Awal RKPD
2.5.        Penelaahan Usulan Program dan Kegiatan Masyarakat
 
BAB III TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN
3.1.        Tujuan dan Sasaran Renja Bagian Organisasi
3.2.        Program Kegiatan
 
BAB IV PENUTUP
 
  

BAB II
EVALUASI PELAKSANAAN RENJA BAGIAN ORGANISASI
TAHUN LALU (2008-2010)
 
 
2.1.Evaluasi Pelaksanaan Renja Bagian Organisasi Tahun Lalu dan Capaian Renstra Bagian Organisasi
Evaluasi Pelaksanaan Renja terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bagian Organisasi pada tahun lalu dapat diuraikan sebagai berikut :
 
1.    Program Perencanaan Pembangunan Daerah
Dalam program ini terdapat satu kegiatan yaitu Koordinasi Penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) disusun untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam Satu Tahun Anggaran. Tingkat pencapaian atau kinerja pelayanan yang direncanakan dalam satu tahun anggaran merupakan tahapan dan perkembangan dari kinerja pelayanan yang diharapkan pada rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang.
Dengan cara ini diharapkan akan terlihat hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. Pada kegiatan ini dari 40 buah buku yang ditargetkan, dapat terealisasi seluruhnya sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
2.    Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
Programkerja ini ditetapkan dengan maksud agar dapat tercapainya tujuan organisasi dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana kebutuhan tugas rutin Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang dalam satu tahun anggaran melalui beberapa kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.     Penyedian jasa surat menyurat.
2.     Penyedian jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik.
3.     Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan.
4.     Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor.
5.     Penyedian Alat Tulis Kantor.
6.     Penyediaan barang cetakan dan penggandaan.
7.     Penyediaan komponen instalasi listrik / penerangan bangunan kantor.
8.     Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan
9.     Penyediaan Makanan dan Minuman.
10.Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke luar daerah.
Pada program ini seluruh kegiatan dapat terealisasi sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
3.    Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
Programkerja ini ditetapkan dengan maksud agar tujuan organisasi dapat tercapai khususnya dalam hal pemeliharaan sarana dan prasarana, sehingga pelaksanaan tugas-tugas kedinasan dapat berjalan tertib dan lancar serta sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan untuk 1 (satu) tahun anggaran. Pada program ini terdapat kegiatan sebagai berikut :
1.   Pengadaan Pakaian Dinas.
2.   Pengadaan Pakaian Batik.
3.   Pengadaan Sofa
4.   Pemeliharaan Rutin/Berkala kendaraan Dinas/Operasional.
5.   Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor.
6.   Pendidikan dan Pelatihan Formal
Seluruh kegiatan dapat terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
4.    Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
Program Kerja ini ditetapkan dengan maksud agar Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang memiliki sumber daya manusia yang bermutu (berkualitas), mampu bersaing dengan sumber daya lain, sehingga mampu meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusianya. Dalam program ini terdapat satu kegiatan yaitu Pendidikan dan Pelatihan Formal yang dapat terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
5.    ProgramPeningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja
Programiniditetapkan untuk dapat tercapainya tujuan organisasi dalam bidang keuangan yaitu meningkatkan dan mengembangkan sistem pelaporan keuangan pada Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan demi tercapainya tertib administrasi keuangan, sehingga mempermudah dalam pencarian data mengenai keuangan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang dalam 1 (satu) tahun anggaran, dengan target dan realisasi sasaran melalui beberapa kegiatan sebagai   berikut :
1.   Penyusunan laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD
2.   Penyusunan laporan keuangan semesteran
3.   Penyusunan laporan keuangan akhir tahun
 
Seluruh kegiatan dapat terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
 
6.    ProgramPenataan dan Penyempurnaan Kebijakan Sistem dan Prosedur Pengawasan.
Dalam Tahun 2010 Program ini ditetapkan melalui kegiatan Pemeliharaan ISO 9001 : 2008 dengan melakukan kegiatan Maintenance SMM ISO 9001-2008 dan Survailance audit ISO (2 kali) terhadap 14 Bagian di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Malang dengan maksud bahwa Pemerintah Kabupaten Malang dalam kaitannya dengan pelayanan masyarakat mencoba melakukan penanganan yang sangat serius dengan menggunakan Standart Internasional. Disamping itu juga melaksanakan kegiatan Standart Pelayanan Minimal (SPM) pada 1 (satu) Bidang Kewenangan yaitu Bidang Pemerintah Dalam Negeri dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat yang berkualitas dan merata dengan diwujudkan dalam implementasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik (good governance). Kegiatan ini dapat terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
7.    Program Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi.
Program ini ditetapkan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan dinamika masyarakat dan seiring persaingan bebas. Kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini adalah Penyusunan Sistim Informasi Terhadap Layanan Publik yang melaksanakan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.   Pembuatan Profil Pelayanan Publik.
2.   Pameran Pelayanan Publik Tingkat Provinsi dan Nasional/Internasional.
3.   Penyusunan Himpunan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
4.   Melakukan survey IKM oleh Pihak III.
5.   Melaksanakan Evaluasi IKM dan SPP SKPD.
6.   Penyusunan SOP.
7.   Mengikuti Lomba Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur.
8.   Mengikuti Lomba Citra Pelayanan Prima (CPP) Nasional.
Kegiatan-kegiatantersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
8.    Program Penataan Peraturan Perundang-undangan.
Program Penataan Peraturan Perundang-undangan pada Bagian Organisasi dalam tahun 2010 terdiri dari 2 kegiatan yaitu :
a.       Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan.
Dalam pelaksanaannya kegiatan Fasilitasi Peraturan Perundang-undangan meliputi :
1.    Melaksanakan Evaluasi dan Monitoring Kelembagaan.
2.    Mengadakan Rapat Koordinasi Tim Kelembagaan.
3.    Mengikuti rapat-rapat koordinasi Kelembagaan yang diselenggarakan oleh Provinsi maupun Pusat.
4.    Menyusun Legal Opinion dan Kajian Akademis Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malang.
5.    Melakukan koordinasi dan konsultasi Kelembagaan ke Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur.
6.    Melakukan studi banding ke Kabupaten/Kota lainnya.
7.    Pembahasan dan pembuatan Draf Peraturan Daerah tentang Perubahan Organisasi Perangkat Daerah.
8.    Pembahasan dan pembuatan Draf Peraturan Bupati tentang Lembaga Baru/Lain.
 
b.       Publikasi Peraturan Perundang-undangan.
Kegiatan ini berupa Bimbingan Teknis Budaya Kerja bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang dengan maksud untuk acuan pengelolaan tata naskah dinas, melaksanakan Rapat Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Pedoman Tata Naskah Dinas dan Revisi Peraturan Bupati tentang Pakaian Dinas PNS.
Kedua kegiatan tersebut ditargetkan untuk 110 unit kerja dan telah dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan sehingga capaian kinerja mencapai 100%.
 
9.    ProgramPembinaan dan Pengembangan Aparatur.
 
Program ini ditetapkan melalui kegiatan Penyusunan Instrumen Analisa Jabatan dalam tahun 2010 ini dilaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain :
1.    Melaksanakan Bimbingan Teknis Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja terhadap para Petugas baik Dinas, Lembaga Teknis maupun Kecamatan masing-masing 2 orang.
2.    Pembuatan Website Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja.
3.    Penyusunan Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja berbasis IT.
 
Melaluikegiatan dimaksud bertujuan untuk memperoleh data Uraian Jabatan yang memiliki fungsi yang maksimal dalam penataan personil dan penempatan pegawai dan jabatan serta pembentukan Formasi Jabatan yang terbagi dalam beberapa kegiatan secara berturut-turut antara lain Job Aloccation, Job Discribtion, Job Spesification, Job Orientation dan membagi jabatan serta formasinya dengan tepat menurut fungsinya dalam dua unsur jabatan yaitu Struktural dan Fungsional guna kebutuhan Pendidikan dan Latihan serta Kelembagaan.
EvaluasiPelaksanaan Renja terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bagian Organisasi pada tahun lalu seperti pada terlihat pada Tabel 2.1.
 
2.2. Analisis Kinerja Pelayanan Bagian Organisasi
Analisis kinerja Pelayanan Bagian Organisasi berdasarkan hasil capaian kinerja dapat dilakukan evaluasi terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam pencapaian sasaran berikut indikatornya sebagai berikut:
 
1.    Tersusunnya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010 Kabupaten Malang
Indikator sasaran ini adalah Tersusunnya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010 Kabupaten Malang.
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Koordinasi Penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah yang telah dilaksanakan dengan baik dengan ditunjang oleh peningkatan sarana dan prasarana yang memadai.
 
2.    Tersedianya sarana dan prasarana tugas rutin
Indikator sasaran ini adalah :
a.    Terpenuhinya kebutuhan surat menyurat
b.    Tersedianya alat tulis kantor
c.     Terlaksanannya penggandaan dan cetakan
d.    Terpenuhinya penerangan kantor
e.    Terpenuhinya kebutuhan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan
f.      Terlaksananya koordinasi ke luar daerah
Untuk mencapaisasaran tersebut, dilaksanakan 6 (enam) kegiatan yang seluruhnya telah dilaksanakan dengan baik.
 
3.    Terlaksananya komunikasi
Indikator sasaran ini adalah : Meningkatnya kinerja lembaga.
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyediaan jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik yang telah dilaksanakan dengan baik.
4.    TersedianyaJasa Administrasi Keuangan
Indikator sasaran ini adalah : Terwujudnya tertib administrasi keuangan
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyediaan Jasa Administrasi keuangan yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
5.    Tersedianya jasa kebersihan kantor
Indikator sasaran ini adalah : Terlaksananya kebersihan kantor
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyediaan jasa kebersihan kantor yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
6.    Tersedianya makanan dan minuman
Indikator sasaran ini adalah : Terpenuhinya kebutuhan makan dan minum pegawai.
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
7.    Terlatihnya Sumber Daya Manusia
Indikator sasaran ini adalah : Meningkatnya kualitas SDM Aparatur
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
8.    Terlaksananya Laporan Capaian Kinerja dan Keuangan
Indikator sasaran ini adalah :
Tersedianya Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyusunan laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD yang telah dilaksanakan dengan baik.
9.    Tercapainya prosentase laporan keuangan SKPD
Indikator sasaran ini adalah :
a.    Tersedianya laporan keuangan semesteran
b.    Tersedianya pelaporan keuangan akhir tahun
Untukmencapai sasaran tersebut, dilaksanakan 2 (dua) kegiatan yang seluruhnya telah dilaksanakan dengan baik
 
10.Terlaksananya pemeliharaan prosedur mutu ISO 9001:2008 dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Malang
Indikator sasaran ini adalah :
a.    Meningkatnya pelayanan masyarakat
b.    Terpeliharanya mutu pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyusunan Kebijakan Sistem dan Prosedur Pengawasan ISO 900:2008 serta SPM yang telah dilaksanakan dengan baik
 
11.TersusunnyaMekanisme Perijinan dan IKM
Indikator sasaran ini adalah : Meningkatnya pelayanan kepada Masyarakat
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Penyusunan Sistim Informasi Terhadap Layanan Publik yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
12.Terbentuknya Unit Kerja Baru
Indikator sasaran ini adalah : Mantapnya kualitas lembaga perangkat daerah
Untuk mencapai sasaran tersebut, dilaksanakan kegiatan Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan yang telah dilaksanakan dengan baik.
 
13.Tersosialisasi nya Pedoman Tata Naskah Dinas

Last Update:21-02-2012 12:19