Berita Terkini

Pameran Inovasi Pelayanan Publik
06-04-2016 13:10

Pelaksanaan Simposium dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016

 

     Dalam rangka pelaksanaan Simposium dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dilaksanakan pada tanggal 31 Maret - 2 April 2015 bertempat di Jatim Expo (JX) Internasional, Jl. Ahmad Yani no. 99 Surabaya.Dalam pelaksanaan gelar Inovasi Pelayanan Publik tahun ini Pemerintah Kabupaten Malang menampilkan Unit Pelayanan Publik Home Care "Permata" UPTD Puskesmas Turen Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

     Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas menyatakan bahwa Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

     Dalam implementasinya, penyelenggaraan  Puskesmas berdasarkan pada beberapa prinsip dimana salah satunya adalah “paradigma sehat” yaitu mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam upaya mencegah dan mengurangi resiko kesehatan yang dihadapi individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

     Sejalan dengan hal tersebut, pelayanan Home Care Permata Turen dimaksudkan untuk merubah pola pikir masyarakat Kecamatan Turen dari “paradigma sakit’ menjadi paradigma sehat dengan pendekatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.